web page hit counter

Tertarik Trading Saham? Berikut Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula 2022

Meningkatnya penggunaan smartphone akhir-akhir ini telah menyebabkan lonjakan transaksi dalam aplikasi jual beli saham online. Aplikasi saham telah menjadi faktor utama terhadap perubahan ini. Tren tersebut tidak menunjukkan akan berhenti, bahkan kedepannya investasi yang ada dan kemudahan hadirnya aplikasi saham, maka akan terus menarik lebih banyak investor.

Tetapi jika kamu baru saja memulai, mungkin terlihat sulit untuk memilih aplikasi investasi saham terbaik untuk kamu, maka dari itu pentingnya memilih aplikasi saham terbaik dan beberapa rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan juga pasti terdaftar OJK.

Saat ini, banyak orang menganggap bahwa pasar saham merupakan investasi yang baik dan layak. Hal ini dikarenakan hadirnya kemudahan dalam membuka akun untuk memulai investasi saham melalui aplikasi smartphone. Seseorang hanya perlu mengunduh aplikasi, kemudian melakukan proses registrasi, dan mulai memasukkan uang mereka untuk memulai trading atau investasi.

Namun, dalam memilih aplikasi trading saham juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Walaupun sama-sama merupakan aplikasi saham, antara satu dengan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Maka dari itu, penting untuk memilih aplikasi saham terbaik bagi anda. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk anda yaitu antara lain biaya transaksi, fitur yang ditawarkan, hingga keamanan dari aplikasi saham tersebut, yang terpenting apakah sudah terdaftar dan dilindungi oleh OJK.

Berikut 9 aplikasi saham terbaik untuk pemula yang bisa Anda coba.

  1. IPOT


Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah IPOT.

IPOT merupakan aplikasi saham dari Indo Premier Sekuritas. Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahan sekuritas terbaik dan terbesar di Indonesia. Keunggulan aplikasi saham IPOT adalah tidak ada minimal deposit sehingga sangat direkomendasikan untuk kalian yang baru memulai trading atau investasi saham dengan modal yang relatif kecil. Biaya yang dikenakan per transaksi, fee jual saham adalah sebesar 0,29% dan fee beli saham sebesar 0,19%.

BACA JUGA:  Daftar Saham Sektor Properti yang Akan Booming Cuan Nanti

Untuk kelebihan lainnya dari aplikasi IPOT adalah proses pendaftaran yang bisa dilakukan sendiri secara online melalui aplikasi tanpa perlu datang ke kantor. Selain itu, aplikasi saham IPOT juga banyak menawarkan fitur keren salah satunya yakni Robo Trading yang secara otomatis bisa menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah ditentukan sebelumnya sehingga tidak akan ketinggalan kereta alias kehilangan moment. 

  1. Stockbit

Kemudian ada Stockbit, Stockbit merupakan aplikasi saham yang juga direkomendasikan untuk pemula. Aplikasi ini dimiliki oleh PT. Stockbit Sekuritas. Aplikasi saham Stockbit dapat diunduh baik melalui Playstore Android atau App Store iOS. Kelebihan aplikasi saham ini adalah adanya fitur Komunitas Online yang bisa dijadikan tempat diskusi tentang investasi bersama trader lainnya. Fitur Komunitas Online ini tidak dapat dimiliki oleh Aplikasi Saham yang lain. Beberapa investor ataupun trader yang  profesional pun tak jarang membahas rekomendasi saham baik analisis teknikal atau fundamentalnya. Stock-screener merupakan fitur yang keren di aplikasi saham ini, kalian bisa dengan mudah untuk mendapatkan saham bervaluasi bagus tanpa harus repot mencari-cari dengan membaca laporan keuangan sebanyak-banyaknya. Namun, perlu diketahui oleh kalian Stock-screener hanya landasan awal sebelum mendalami analisis saham yang lebih komprehensif.

Selain fitur di atas, kamu juga dapat memantau pergerakan real-time bursa saham melalui aplikasi.

  1. Ajaib

Aplikasi saham Ajaib telah mendapatkan izin dan juga diawasi secara resmi oleh OJK. Kelebihan aplikasi saham Ajaib ini yakni dalam membuka rekening kamu tidak perlu melakukan deposit dana awal sama sekali. Disamping itu, fee untuk melakukan transaksi jual beli saham di Ajaib tergolong murah yakni sebesar 0,10% untuk transaksi harian di bawah 150 juta rupiah, dan semakin rendah jika transaksi harian kalian besar.

Aplikasi saham yang satu ini cukup dibilang ‘hits’ karena menghadirkan aktor Korea ternama, Kim Seon Ho sebagai bintang iklannya dan juga Al Ghazali Everyday viral karena foto NFT.

BACA JUGA:  Hati-hati Uang THR Habis! Berikut Tips Mengelola THR untuk Investasi

Dengan hadirnya beragam fasilitas, seperti membeli saham dan reksadana, maka seorang investor atau trader tidak perlu pusing menggunakan dua aplikasi yang berbeda untuk investasi reksadana dan saham. Untuk kelebihan lainnya, Aplikasi Saham dari Ajaib menghadirkan tampilan yang cukup mudah digunakan bagi seorang investor saham pemula.

  1. Bibit

Rekomendasi aplikasi saham selanjutnya yaitu Bibit. Aplikasi Bibit merupakan aplikasi jual beli reksadana dari PT. Bibit Tumbuh Bersama. Melalui aplikasi Bibit kalian dapat membeli reksadana saham. Selain reksadana saham, aplikasi Bibit juga menawarkan produk reksadana lainnya seperti reksadana pasar uang, reksadana obligasi.

Dengan hadirnya beragam fasilitas, kelebihan aplikasi saham Bibit adalah registrasi bisa dilakukan secara online tanpa perlu mendatangi kantor, untuk pembelian reksadana gratis biaya komisi, investasi bisa dicairkan kapan saja tanpa khawatir, dan dengan hadirnya fasilitas Robo Advisor, kamu dapat memilih jalur investasi berdasarkan penghasilan dan dana yang ingin dialokasikan serta menyesuaikan alokasi investasi berdasar profil risiko. Untuk keamanannya, Bibit ini juga sudah termasuk ke dalam aplikasi saham yang terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

  1. Bareksa

Bareksa merupakan aplikasi finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, selain itu juga aplikasi saham Bareksa telah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK. Melalui Bareksa, kamu dapat membeli saham dalam bentuk reksadana seperti Aplikasi Bibit. Perlu kalian ketahui Bareksa termasuk salah satu mitra distribusi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Keren bukan?

Kelebihan yang dimiliki Bareksa adalah registrasi dilakukan secara online, terdapat lebih dari 150 produk reksadana, lebih dari 50 manajer investasi, dan juga terdapat berbagai metode pembayaran sehingga memudahkan kamu sebagai investor pemula.

  1. Mirae HOTS

Rekomendasi aplikasi saham yang selanjutnya adalah Mirae HOTS. Mirae Asset didirikan oleh PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia.  Aplikasi saham terbilang sangat populer karena memiliki transaksi harian yang begitu tinggi dibandingkan yang lain. Mirae Asset memiliki 2 aplikasi, yaitu: HOTS (Home Online Trading System) yang dapat diakses melalui PC dan NEO HOTS (Mobile Trading System) diakses melalui smartphone.

Kelebihan menggunakan aplikasi saham Mirae ini adalah fee jual dan beli saham yang bersaing, yaitu 0,25% untuk fee jual per transaksi dan 0,15% untuk fee beli per transaksi. Untuk mendaftar di sekuritas Mirae anda perlu menyiapkan 10 jt untuk deposit pertama.

  1. RTI Business


Aplikasi saham ini begitu terkenal di kalangan investor ataupun trader. Terlepas dari apapun sekuritas yang digunakan investor untuk transaksi, biasanya mereka juga pasti mengunduh RTI Business sebagai pelengkap dalam analisis saham.

BACA JUGA:  Intip Rata-rata Gaji Seorang HRD di Indonesia

RTI Business menyajikan berbagai informasi terkait pasar modal mulai dari data finansial, price quotes, charts, analisis, berita pasar modal dan saham, berita terkini tentang keputusan perusahaandan lainnya. Terdapat informasi mengenai gambaran kinerja perusahaan dalam kurun waktu lima tahun melalui income statement, cash flow, profitability, balance sheet, growth hingga earnings per share.

  1. MOST Mandiri

Rekomendasi aplikasi saham yang selanjutnya adalah MOST atau Mandiri Online Stock Trading. Aplikasi saham MOST ini dimiliki oleh Mandiri Sekuritas, jika kamu memiliki akun di Bank Mandiri, mungkin aplikasi saham ini bisa jadi pertimbangan kamu. Bedanya dengan aplikasi saham yang lain, MOST ini harus memilik rekening bank mandiri.

Minimal setoran awal untuk membuka rekening saham berbeda-beda baik untuk mahasiswa dan umuk. Jika kamu mahasiswa yaitu minimal 2 juta rupiah dan umum 5 juta rupiah. Untuk fee per transaksinya yaitu 0,28% untuk jual saham dan 0,18% untuk beli saham.

  1. BNI Sekuritas

Rekomendasi aplikasi saham terbaik untuk pemula selanjutnya yaitu milik PT Bank Negara Indonesia (BNI). BNI Sekurtias ini ikut bergerak di pasar modal melayani perdagangan saham, surat utang, investment bank, dan juga assets management.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

glamping jogja