Hati-hati Uang THR Habis! Berikut Tips Mengelola THR untuk Investasi

Tunjangan hari raya (THR) hal yang paling dinantikan oleh masyarakat. Namun, apa jadinya jika pengelolaan THR tidak tepat dan cermat, THR akan habis begitu saja, mengingat kebutuhan setelah lebaran begitu banyak disamping itu bahan-bahan pokok udah mahal. Seperti membagikan THR kepada adik-adik, orang tua, keponakan, membelikan baju baru, liburan ke tempat wisata, dan memasak berbagai macam hidangan khas Lebaran.

Simak 7 tips mengelola THR sebagai tabungan di masa depan:

1. Zakat dan Infaq

Anda bisa bisa menyisihkan hasil THR yang didapat dengan melakukan zakat dan infaq. Seperti yang kita ketahui, mendekati Idul Fitri, Zakat Fitrah merupakan kewajiban yang perlu dilakukan baig seorang muslim. Berdasarkan di situts Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), zakat fitrah adalah adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa atau setara dengan uang sebesar Rp 45.000,-/hari/jiwa. Nah, dengan kita memiliki THR maka kita bisa melakukan terlebih dahulu pembayaran Zakat dan Infaq.

2. Bertekad untuk menabung

Bagi Anda yang sudah menerima THR, perlu diingat kembali untuk tidak mengahabiskan semuanya. Cobalah untuk mensisihkan uang THR untuk ditabung. Menabung dapat mecegah anda dalam berprilaku boros, karena dengan menabung secara tidak langsung menumbuhkan rasa memiliki yang lebih terhadap kepemilikan, otomatis ketika kita dihadapkan prilaku impulsif dalam keuangan karena kita sebelumnya sudah terbiasa menabung dan memiliki habits menabung maka prilaku tersebut bisa terhindarkan. Dengan menabung kita bisa lebih sayang terhadap hasil yang kita dapatkan. Mulailah menabung sekecil apapun, bukan masalah kecil atau besarnya namun dari menabung tersebut membuat kita menjadi pribadi yang lebih bijaksana juga sangat begitu berarti untuk dapat membentuk kebiasaan yang baik di masa depan.

BACA JUGA:  Mengetahui Portofolio Saham dan Tips Menyusunnya Agar Cuan Maksimal

3. Dana Darurat

Tentu saja perlu diallokasikan sebagian untuk dana darurat. Karena dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang menjadi cadangan kita ketika kita dihadapi hal yang tidak mengenakan dan mendesak seperti terjadinya PHK, pandemi yang membekukan sektor ekonomi, kebutuhan mendadak di luar rencana, dan lain sebagainya. Dana darurat merupakan salah satu hal yang perlu dialokasikan dalam perencanaan keuangan yang sehat, karena dapat menutupi biaya mendesak, mencegah Anda memiliki hutang, keperluan mendesak, dan bahkan dapat menjadi dana untuk dikemudian hari.

4. Sisihkan untuk Asuransi

Di poin ini kita akan menekankan pentingnya memiliki sebuah asuransai, dengan kita menyiapkan asuransi, maka kita tidak perlu risau lag. Uang THR Anda bisa jadi pertimbangan untuk dialokasikan ke Asuransi. Dengan ,emiliki asuransi bisa dibilang sebagai menabung, ini penting karena asuransi tersebut sangat berguna untuk keadaan mendesak di luar kendali kita dan tentu saja kita tidak diinginkan seperti kejadian saat kecelakaan, kematian, dan lainnya. Kerugian-kerugian yang terjadi di luar kendali kita, bisa kita minimalisir dengan hadirnya Asuransi.

5. Persiapan Dana Pensiun

Dengan kita menyiapkan dana pensiun walaupun sedikit demi sedikit untuk Tabungan pensiun itu dapat menjadi jaminan di hari tua karena di usia lanjut mungking produktivitas anda berkurang. Disini peran uang sangat penting. Hal ini dilakukan agar kebutuhan kita diusia tua bisa tepenuhi. Dengan kita meanglokasikan uang THR ke dana pensiun merupakan sebuah pilihan tepat.

6. Sisihkan untuk portofolio investasi atau menabung

Ketika Anda mengalokasikan sejumlah uang untuk investasi atau menabung, maka di kemudian hari Anda akan mendapatkan ketenangan dan kebebasan finansial secara mandiri. Dengan maju teknologi informasi, maka beragam pilihan investasi banyak dijumpai oleh masyarakat, mulai dari mulai saham, emas, bitcon, kripto, dan reksadana. Akhir-akhir ini instrument investasi pada produk pasar modal seperti saham begitu jadi minat masyarakat. Dikarenakan dengan maju teknologi informasi maka untuk melakukan investasi di pasar modal tidak seribet dahulu. Kita cukup meluangkan waktu untuk meng-install aplikasi saham.

BACA JUGA:  Peluang Pekerjaan di Era Digital

7. Memililiki sebuah Catatan Keuangan

merupakan hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan THR yaitu dengan membuat catatan yang kita perlukanan dan butuhkan untuk sehari-hari. Pastikan juga untuk memisahkan uang THR dengan gaji bulanan. Kemudian tentukan tujuan dari penggunaan uang THR tersebut, tujuan itu penting karena kita bisa memastikan kemana uang tesebut akan digunakan.