web page hit counter

Cara Menemukan Saham Bagus dan Daftar Aplikasi Screening Saham Terbaik

Semakin kesini, semakin canggih teknik dan strategi dalam trading saham. Tidak hanya sudah banyak aplikasi perdagangan saham dan investasi yang bisa dengan mudah diakses secara online baik di ponsel maupun komputer.

Untuk mendukung berbagai hasil yang ingin dicapai, tentunya dibutuhkan strategi yang matang. Oleh karena itu, orang pintar yang sedang belajar trading saham harus menerapkan strategi, salah satunya adalah stock spotting.

Apa itu Screening Saham?

Dewasa ini dengan beragam informasi yang banyak dikatakan bahwa investasi saham dapat memberikan begitu banyak keuntungan di masa depan. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli saham, ada baiknya Orang Pintar melakukan riset kecil-kecilan terhadap saham yang diincar agar dapat memaksimalkan keuntungan.

Sayangnya, investor atau trader yang masih pemula seringkali kesulitan untuk mengidentifikasi dan memilih saham yang cocok. Padahal, saham yang tepat akan sangat mendukung besarnya imbal hasil yang akan didapat nantinya.

Screening saham sebenarnya merupakan teknik penyaringan saham berdasarkan sejumlah kriteria yang sesuai dengan keinginan para trader atau investor. Cara kerja screening saham dengan menyaring saham berdasarkan berbagai kriteria dan indikator. Anda dapat melihat peringkat saham berdasarkan jumlah kapitalisasi pasar terbesar, keuntungan, kerugian, frekuensi, nilai, dan volume perdagangan terbesar.

Tentu saja, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika seseorang mampu menilai saham dengan baik. Meski sulit, ada juga beberapa cara mudah untuk menjalankan filter tersebut.

Karena untuk melakukan pengecekan secara detail untuk semua perusahaan membutuhkan waktu yang banyak. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemilihan saham untuk menghemat waktu.

BACA JUGA:  Daftar Saham IDX High Dividend 20

Untuk melakukan screening saham kita perlu menggunakan aplikasi. Biasanya, software saham perusahaan saham Anda memiliki fitur untuk screening saham.

Aplikasi stock pick bisa menjadi indikasi yang baik untuk pemain saham. Ini dapat membantu memantau investasi yang masuk.

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari mengetahui cara menyaring saham adalah menghasilkan keuntungan yang konsisten.

Apa Manfaat dari Screening Saham?

1.   Mendapatkan saham berkualitas

Tentu Anda tidak akan tahu saham yang harus dipilih apakah berkualitas baik dan layak untuk kegiatan perdagangan dan investasi yang dilakukan.

2.   Cuan yang konsisten

Manfaat lain yang bisa didapat dengan mengetahui cara memilih saham yang tepat, imbal hasil yang diperoleh tentunya akan lebih konsisten alias tidak jauh berbeda dari periode ke periode.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari keberhasilan strategi yang dilakukan sehingga Anda sudah mengetahui tindakan mana yang dapat memberikan return lebih banyak dan tindakan mana yang harus dihindari. Apalagi jika saham yang dipilih adalah yang memiliki prospek jangka panjang yang baik.

3.   Memantau investasi yang sedang dilakukan

Seseorang yang mampu screening saham dengan baik juga akan dapat memantau investasi mana yang berjalan, mana yang memberikan hasil terbaik dan mana yang tidak. Tentu saja, ini akan menjadi cara untuk mendapatkan hasil yang diharapkan selama ini.

Saham-saham yang sudah dipilih sebelumnya tentunya akan menjadi prioritas Anda masing-masing dalam berinvestasi atau trading. Dengan begitu, Orang Pintar akan dapat mempersempit target tindakan yang akan digunakan nantinya.

Daftar Aplikasi Screening Saham Terbaik untuk Pemula

Bagi kalian yang ingin melakukan screening saham agar lebih baik dalam memilih saham yang tepat. Berikut beberapa aplikasi screening saham yang cocok:

BACA JUGA:  Tips Trading untuk Pemula Agar Cuan, Minim Resiko, dan Anti FOMO
1. Aplikasi Saham dari Sekuritas Aplikasi Saham adalah aplikasi screening saham bawaan yang dimilik perusahaan sekuritas, seperti Ajaib, IPOT, Bibit, Mirae, BCA Sekuritas, dsb.

Dengan Aplikasi Saham selain bisa menjadi aplikasi screening saham, kamu juga bisa melihat kinerja saham.

2. RTI Business Aplikasi RTI membantu untuk mengetahui dengan jelas pergerakan indeks, tidak hanya indeks yang berjalan di Indonesia, tetapi juga indeks yang berjalan di:
  • Eropa (Jerman, Inggris Raya),
  • Asia (Tokyo, Hong Kong, Shanghai, Singapura), dan juga Amerika.

Di aplikasi RTI, Anda juga dapat melihat nilai tukar untuk berbagai mata uang seperti Dolar AS, Dolar Australia (AUD), Dolar Singapura (SGD), Yuan Tiongkok (CNY), Yen Jepang (JPY).

Aplikasi ini juga menyediakan informasi terkait perusahaan atau emiten, seperti berita terkini, laporan keuangan dan jadwal pembagian dividen.

Selain itu, RTI Business juga menyajikan data terkini seperti karakteristik pasar. Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat pergerakan IHSG hari ini, kemarin atau 10 tahun yang lalu.

3. Data Saham Indonesia (DSI) Data Saham Indonesia adalah aplikasi berbayar jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut tentang emiten atau indeks saham.

Tapi tenang saja, aplikasi ini masih memiliki versi gratis yang juga berisi informasi yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk memilih tindakan yang tepat.

Hampir mirip seperti RTI, DSI (Data Saham Indonesia) juga memiliki fitur Berita, Mata Uang (Currency Exchange Rate), harga komoditas. Namun ada yang berbeda dari DSI, DSI menyediakan fitur Top Stock dan Bandarmology yang dapat melihat pergerakan saham.

4. Stockbit Aplikasi Stockbit adalah aplikasi saham yang dapat membantu investor dan trader untuk melihat pergerakan saham.

Dengan Stockbit, pengguna dapat memantau peristiwa ekonomi terkini yang berisi opini dan analisis saham juga dapat melakukan screening saham.

Selain itu, di dalam aplikasi Stockbit, Anda juga dapat melihat harga support dan resistance suatu saham, yang tentunya akan membantu Anda memperkirakan harga jual dan beli.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan analisa sebelum melakukan pembelian saham.

5. IDX Channel IDX Channel menyajikan berita terkini terkait saham.

Berita ini bisa berupa berita perusahaan atau berita pasar yang sedang diperbincangkan.

BEI sering menjadi acuan bagi para investor dan trader dalam berinvestasi saham, karena berita sekecil apapun dari luar akan sangat mempengaruhi indeks harga saham.

Biasanya naik turunnya IHSG juga tergantung dari berita di sini. Jika ada jadwal LIVE, kita juga bisa ikut siaran secara gratis.

BACA JUGA:  Mengetahui Portofolio Saham dan Tips Menyusunnya Agar Cuan Maksimal