web page hit counter

Intip Rata-rata Gaji Seorang HRD di Indonesia

Mungkin sebagian dari Anda yang berkecimpung di dunia kerja memiliki pertanyaan yang sama, terutama bagi Anda yang ingin berkarir di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia atau HRD yaitu: “Berapa gaji rata-rata HRD di Indonesia?” Pertanyaan tersebut cukup masuk akal, karena sebagai seorang profesional, apakah Anda ingin melihat apakah karir di bidang manajemen sumber daya manusia di suatu perusahaan memiliki prospek yang menjanjikan? Memasuki dunia SDM (Sumber Daya Manusia) tentunya membutuhkan usaha yang cukup besar untuk mendapatkan gelar sarjana, baik dari segi waktu, biaya dan tenaga dalam bidang Psikologi, ekonomi dan hukum.

Gaji seorang HRD umumnya disesuaikan dengan tugas, jabatan, dan ukuran kecil perusahaan tempat mereka bekerja. Semakin besar tanggung jawab, semakin besar jabatan yang dijabat, semakin besar pula gaji yang diperoleh. Namun, sebelum memikirkan berapa gaji seorang HRD, ketahui dulu apa tugas dan kewajibannya.

Apa itu HRD?

Banyak orang yang tergiur menjadi HRD karena gaji yang cukup menggiurkan. HRD adalah singkatan dari Departemen Sumber Daya Manusia. Secara umum, HRD bertindak sebagai divisi yang menangani semua manajemen kinerja karyawan, mulai dari rekrutmen, pelatihan, penilaian kinerja, penyelesaian konflik internal hingga administrasi. Memiliki tugas utama dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia di perusahaan tempat Anda bekerja. Umumnya, seorang HRD membantu karyawan mendapatkan haknya, mulai dari perantara yang berkomunikasi dengan perusahaan, perekrutan sumber daya manusia, hingga proses pengunduran diri karyawan. Secara tidak langsung, HRD merupakan salah satu ujung tombak kesejahteraan karyawan di perusahaan.

BACA JUGA:  Gini Lho Cara Beli Saham Bagi Investor Pemula untuk Investasi Jangka Panjang Di Usia Pensiun

Tugas HR Division

Secara umum, Departemen Sumber Daya Manusia (HRD) memiliki tiga bagian yang di setiap bagian memiliki tanggung jawab yang berbeda seperti merekrut dan seleksi karyawan baru, melakukan pengembangan dan pelatihan pada karyawan.

HRD juga memiliki peran sebagai jembatan antara manajemen dan karyawan, sehingga peran dan tanggung jawabnya cukup besar dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, mereka juga harus memiliki berbagai soft skill untuk menunjang karirnya, misalnya dalam berbicara di depan umum, menguasai teknologi yang mumpuni untuk mengatur tugas-tugasnya secara administratif. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tugas-tugas HRD:

Rekrutmen dan Seleksi

Perusahaan selalu membutuhkan tambahan tenaga kerja untuk mendukung perkembangan bisnis. Karena itulah HRD selalu merekrut karyawan. Dari sekian banyak kandidat yang melamar, HRD harus menyeleksi kandidat untuk mendapatkan orang yang cocok dan dibutuhkan untuk perusahaan. Proses seleksi dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, observasi portofolio sehingga HRD dapat mengetahui apakah kandidat tersebut adalah orang yang dicari perusahaan.

Pelatihan dan Pengembangan

Kinerja karyawan merupakan faktor utama dari produksi. Kinerja yang berkualitas juga membuat perusahaan mampu untuk bersaing dengan kompetitor. HRD dapat mengelola kinerja karyawan secara lebih optimal dan produktif melalui program pelatihan dan pengembangan. Bagian manajerial juga berperan aktif dalam hal pelatihan dan pengembangan, dimana manajer biasanya akan meminta DDH untuk melakukan pelatihan dan pengembangan khusus pada divisi terkait.

Menjaga Relasi dengan Karyawan

Hubungan yang baik mampu membuat karyawan betah dan nyaman bekerja di perusahaan. Seorang HRD harus menjaga hubungan baik dengan seluruh karyawan perusahaan. Hubungan yang baik akan menghasilkan kerjasama dan menguntungkan karyawan dan perusahaan. Selain itu juga dapat mengurangi perselisihan atau konflik yang berpotensi timbul akibat perbedaan pendapat selama bekerja.

BACA JUGA:  Mending Beli Saham Sekaligus atau Dicicil ya? Yuk Simak Agar Cuan Maksimal

Evaluasi Kinerja

Kinerja karyawan harus terus ditinjau dan dievaluasi sehingga HRD tahu bagaimana mengembangkan dan meningkatkan juga memperbaikinya jika menemukan kekurangan dalam kinerja tersebut. Misalnya dalam aspek kedisiplinan yang menyangkut kehadiran pegawai. HRD akan menilai kedisiplinan karyawan dengan mencatat karyawan mana yang sering terlambat atau tidak masuk tanpa meminta cuti. Berdasarkan tinjauan disiplin, HRD dapat menentukan karyawan mana yang akan diperingatkan.

Memastikan dan Melindungi Hak Karyawan

HRD harus memastikan bahwa karyawan menerima hak sesuai dengan perjanjian kerja dan melindungi hak-hak tersebut. Contohnya adalah penggajian karyawan. Gaji seorang karyawan tentunya akan dipertimbangkan oleh HRD berdasarkan dari kemampuan dan juga pengalaman karyawan tersebut. Selain itu, HRD juga dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan gaji karyawan berkinerja baik yang telah lama bekerja di perusahaan.

Human Resource Development: Pengertian, Skill, dan Tantangan - KitaLulus

Gaji seorang HRD

Seorang pegawai tentunya berhak atas upah sesuai dengan perjanjian kerja dengan melihat tugas dan tanggung jawab yang menyertainya. Semakin tinggi jabatan dan semakin kompleks suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula gaji HRD-nya. Dalam menentukan gaji seorang HRD, selain dari skala perusahaan besar, menengah atau kecil, umumnya ditentukan juga oleh jabatan yang dijabatnya. Jabatan HRD dalam suatu perusahaan secara umum dapat dibagi menjadi 3 jenis tingkatan, yaitu tingkatan staff, supervisor dan manager.

GAJI HRD LEVEL STAFF

GAJI HRD LEVEL STAFF adalah yang paling dasar dengan gaji yang bisa dikatakan cukup yaitu sekitar 3.000.000 – 5.000.000 dengan tugas-tugas seperti mengelola administrasi karyawan, proses rekrutmen, memilih calon dokumen aplikasi prospek dan administrasi gaji. Tentunya tugas seorang staf HRD dapat disesuaikan dengan pembagian tugas di perusahaan itu sendiri.

GAJI HRD LEVEL SUPERVISOR

HRD LEVEL SUPERVISOR menjadi salah satu instrumen tenaga kerja yang berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan tugas dan fungsi dari tingkat staf, namun tidak menutup kemungkinan untuk melaksanakan tugas lain, seperti pelaksanaan hasil seleksi pegawai, tawaran pekerjaan pada pegawai baru. , praktik ketenagakerjaan, untuk melakukan tindakan disiplin kerja. Gaji seorang HRD setingkat supervisor berkisar antara 5.000.000 hingga 8.000.000 sesuai ketentuan perusahaan masing-masing.

BACA JUGA:  Tips Trading untuk Pemula Agar Cuan, Minim Resiko, dan Anti FOMO

GAJI HRD LEVEL MANAGER

Level manager adalah level tertinggi dari seorang karyawan HRD, karena dia bertugas untuk mengawasi kinerja tugas dan fungsi staf dan supervisor level HRD. Untuk gaji setingkat HRD manager, biasanya berkisar 8.000.000 – 15.000.000 tergantung besar kecilnya perusahaan tempat mereka bekerja, berapa lama pengalaman mereka di lapangan. Selain itu, besarnya gaji manajer sumber daya manusia juga dipengaruhi oleh skala perusahaan. Semakin besar skala perusahaan, semakin tinggi gaji HRD yang diterima.

Namun angka tersebut tidak mutlak dan sangat bergantung pada kemampuan finansial perusahaan, setidaknya data tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan saat negosiasi gaji.

Melihat data gaji HRD di atas, kita dapat menemukan bahwa karir sebagai HRD di sebuah perusahaan di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Tidak seperti dulu serba manual, HRD saat ini dapat menggunakan teknologi informasi untuk mendukung semua aktivitas kerja.