web page hit counter

Tabungan Umroh Terbaik Bantu Wujudkan Mimpi Beribadah ke Tanah Suci

Apakah Anda berencana pergi ke Tanah Suci untuk beribadah umrah? Jika sudah demikian, maka Anda perlu mulai mempersiapkan banyak hal, termasuk perencanaan keuangan. Ibadah suci yang dilakukan di Makkah selama beberapa hari tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membuka rekening tabungan umroh. Namun, tetap berpegang pada kemampuan finansial dan jumlah pendapatan Anda untuk bisa menabung.

Ada banyak bank yang menawarkan produk tabungan yang bisa Anda gunakan untuk dana umroh. Namun, dengan begitu banyak pilihan, terkadang Anda tidak tahu mana yang terbaik.

Apa Itu Tabungan umroh

Setiap orang tentu memiliki alasan masing-masing mengapa mereka lebih memilih ibadah umroh daripada haji. Terkadang ada alasan mengapa semua itu ada hubungannya dengan persiapan. Ada juga yang mempertimbangkan jumlah dana yang dimiliki.

Apapun itu, baik haji maupun umroh sangat baik dan akan memberikan pengaruh yang baik. Berbeda dengan haji yang hanya bisa dilakukan di bulan haji pada waktu tertentu, umroh bisa dilakukan kapan saja.

Yang mau naik haji tapi harus nunggu di antrian keluar juga bisa pilih umroh dulu. Selama Umrah, Anda akan menghabiskan 9-13 hari tergantung pada agen perjalanan yang dipilih. Tapi mengapa menyiapkan rekening tabungan harus yang baik? Apa sebenarnya tabungan umroh itu?

Tabungan umroh adalah tabungan yang dikhususkan untuk keperluan ibadah umroh pada waktu yang telah ditentukan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara aman untuk mewujudkan mimpi. Anda dapat beribadah dan melakukan perjalanan ke tanah suci.

Tabungan umroh memungkinkan Anda untuk membayar biaya perjalanan ke Mekkah. Selain penghematan, ada hal lain yang perlu dipersiapkan dengan baik, seperti lamanya perjalanan ibadah.

BACA JUGA:  Cara Investasi Reksadana Yang Aman, Mudah, dan Cuan

Manfaat Tabungan Tabungan umroh di Bank

Umroh adalah ibadah yang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Untuk melakukannya, umat Islam harus pergi ke tanah suci Mekah. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Agar dana terkumpul, masyarakat yang berencana berangkat umroh biasanya membuka tabungan umroh pada tahun 2021. Berbeda dengan tabungan konvensional, tabungan ini bisa memberikan beberapa keuntungan.

1. Lebih Aman

Memiliki tabungan umroh dari bank syariah Indonesia merupakan salah satu cara untuk menghimpun dana umroh. Cara ini dinilai lebih aman daripada menabung di rumah.

Beberapa bank bahkan memberikan syarat agar tabungan tidak mudah diambil. Bayangkan apa yang terjadi jika Anda menyimpan uang Anda sendiri dan kemudian selalu ada alasan untuk menggunakannya untuk tujuan lain.

Karena bank memiliki standar keamanan sendiri, dana umroh Anda juga tidak akan hilang, diambil atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terakhir, kamu atau orang tuamu bisa berangkat umroh sesuai dengan tujuan atau waktu yang telah ditentukan.

2. Mudah untuk Dicek

Yakin ingin hemat di rumah selama biaya umroh tidak sedikit? Dalam jangka waktu tertentu, Anda mungkin perlu memeriksa berapa banyak uang yang telah dikumpulkan. Ini dapat dilakukan tanpa masalah dan tanpa perlu menghitung ulang total dana yang terkumpul jika Anda menyimpan uang di bank.

Dengan menjadi nasabah dan memiliki tabungan syariah sendiri, Anda bisa mengecek saldo kapan saja. Tidak perlu datang ke cabang terdekat karena Anda bisa mengecek saldo tabungan umroh Anda secara online. Jamaah haji biasanya mendapatkan KTP dengan virtual account atau nomor VA untuk memudahkan verifikasi.

3. Setoran tanpa Batas Minimal dan Maksimal

Simpanan tabungan bisa disesuaikan dengan kemampuan calon jemaah umroh. Bank pada umumnya membebaskan nasabah dari simpanan. Oleh karena itu, mereka dapat menyetor sejumlah uang.

Namun akan lebih baik untuk membuat perkiraan dan simulasi dana umroh agar dana tersebut dapat terkumpul pada waktu yang telah Anda tentukan. Dengan ini, Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk beribadah di Tanah Suci sesuai target waktu Anda.

BACA JUGA:  Dana Darurat dan Asuransi, Penting Dipahami untuk Keuangan Masa Depan Kamu

Pilihan Tabungan Umroh Terbaik

Bank mana yang menawarkan tabungan terbaik? Menentukan definisi terbaik sebenarnya relatif karena tergantung pada kebutuhan dan pilihan individu. Biasanya, tabungan terbaik menawarkan banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh setiap nasabah.

Untuk saat ini, Anda bisa membandingkan berbagai pilihan tabungan dari berbagai bank. Berikut rekomendasi tabungan umroh untuk Anda dan keluarga tercinta.

1. Tabungan Mabrur Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia menawarkan tabungan umroh jenis ini. Tabungan ini juga bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin menghemat keuangan umroh. Tabungan ini juga banyak digunakan oleh mereka yang mencari tabungan haji.

Keuntungan

  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Fasilitas notifikasi saat saldo cukup untuk mendaftar umroh atau haji.
  • Terhubung ke Siskohat Kementerian Agama.

Fitur tabungan

Jika Anda masih ragu untuk memilih jenis tabungan haji ini, Anda memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan fitur-fitur yang disediakan untuk melengkapi kepuasan memilih tabungan umroh.

  • Akad dilakukan berdasarkan prinsip syariah.
  • Tidak bisa diambil kecuali untuk pelunasan biaya umroh atau haji.
  • Setoran awal ringan yaitu Rp. 100,000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp. 100,000 dengan saldo minimal Rp. 100,000.
  • Penutupan rekening karena pembatalan dikenakan biaya sebesar Rp. 25,000

Untuk persyaratannya, Anda tidak perlu khawatir. Pembukaan rekening dapat dilakukan segera hanya dengan membawa identitas diri berupa KTP dan NPWP yang dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Syariah Indonesia.

2. Pembiayaan Umroh iB BCA Syariah

Jika Anda ingin pergi umroh tetapi masih bingung menentukan jenis tabungan yang tepat, Anda mungkin tertarik dengan pembiayaan Umroh iB BCA Syariah. Tabungan umroh ini merupakan salah satu fasilitas pembiayaan multijasa dengan akad ijarah atau sewa menyewa. Tujuannya untuk membantu masyarakat mewujudkan niat ibadah umroh.

Keuntungan

  • Tanpa DP atau uang muka
  • Tanpa jaminan untuk pembiayaan yang tidak lebih dari Rp. 50,000,000
  • Jangka waktu 1 hingga 3 tahun
  • Bekerjasama dengan tour dan travel pilihan
BACA JUGA:  4 Tips Penting dalam Melakukan Konsolidasi Kartu Kredit

Persyaratan

  • Bisa diajukan oleh karyawan tetap dengan masa kerja tidak kurang dari dua tahun
  • Wiraswasta atau profesional dengan pengalaman tidak kurang dari dua tahun
  • Mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan.

3. Tabungan Haji dan Umroh Bank Muamalat

Tabungan Haji dan Umroh Bank Muamalat merupakan tabungan syariah untuk keperluan penjatahan dan keperluan haji dan umroh dengan menggunakan akad wadiah. Tabungan ini akan membantu nasabah kapanpun mereka ingin berangkah haji atau umroh.

Keunggulan

  • Setoran minimal ringan yaitu Rp. 50,000.
  • Terhubung dengan Siskohat Kementerian Agama untuk mendapatkan porsi keberangkatan.
  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Dana dikelola secara syariah agar nasabah tenang dalam menjalankan ibadah di tanah suci.
  • Nasabah mendapatkan kartu Shar-e gold untuk bertransaksi di berbagai tempat yang menerima pembayaran dengan kartu Visa.

Persyaratan

  • Untuk bisa mengajukan tabungan umroh ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti:
  • Untuk WNI yang memiliki KTP dan WNA yang memiliki KITAS.
  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Kartu Identitas asli seperti KTP atau Paspor.
  • Mengisi formulir pembukaan

4. Tabungan Umroh CIMB Niaga Syariah

Apakah Anda menginginkan jangka waktu umroh yang hemat dengan kebebasan menentukan penghematan waktu? Anda bisa memilih tabungan umroh cimb niaga Syariah. Tabungan ini juga memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk menentukan simpanan rutinnya berdasarkan tahun keberangkatan.

Keunggulan

  • Tidak ada batasan minimal setoran awal.
  • Bisa menabung menggunakan mata uang dollar atau USD.

Untuk membuka rekening iB untuk rencana haji, Anda harus memiliki rekening transaksional CIMB Niaga sebagai syarat wajib. Dari rekening ini pula nantinya bank akan otomatis mendebet tabungan haji Anda.

5. Tabungan Umroh Danamon Syariah

Ada pilihan lain untuk Anda yang sedang mempersiapkan uang untuk pergi umroh bersama pasangan atau orang tua tercinta. Namun tabungan umroh Bank Danamon Syariah merupakan simpanan reguler yang cukup tinggi yaitu Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000. Namun tidak perlu khawatir karena uang akan tetap menjadi milik Anda sebagai pelanggan. Ya, saldo tabungan Anda bisa digunakan untuk biaya umroh.